Jenis Sendi dan Letaknya

Jenis Sendi dan Letaknya - Sendi adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh.

Sendi yakni menghubungkan antar tulang sehingga bagian ini dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan artikulasi atau persendian. Sendi ini ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Peran sendi yakni memberikan kelenturan dan juga pergerakan di tempatnya, sendi juga bermanfaat untuk sumbu anggota gerak. Ada juga macam sendi di tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, sekalipun sangat bermanfaat dalam memberikan keseimbangan dalam tubuh.

Semua jumlah sendi pada tubuh manusia yakni berkisar 360 sendi.

Partikel Pembentuk Jenis Sendi dan Letaknya



Jenis Sendi dan Letaknya



Unsur pembentuk dan penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi dan menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah barisan berserabut yang melapisi sendi. Bagian pada kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menyambungkan 2 tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua penghujung tulang. Peranan tulang rawan hialin yakni demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas di kapsula sendi.

Jenis Sendi dan Letaknya Menurut Karakter Pergerakannya



Berdasarkan sifat pergerakannya, tipe persendian dibagi jadi:



  • Sendi Mati





Yaitu versi sendi yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang dalam sendi Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Adalah contoh persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Merupakan tipe persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, ataupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Jenis Sendi dan Letaknya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis Sendi dan Letaknya menurut arah pergerakannya bisa dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel ialah sendi di tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Tipe sendi putar ialah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat berputar pada poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju dan mundur, namun tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Jenis Sendi dan Letaknya Berdasarkan Strukturnya



Menurut strukturnya, Jenis Sendi dan Letaknya dapat dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang memiliki ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikianlah penjelasan tentang Jenis Sendi dan Letaknya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi dan Letaknya"

Post a Comment