Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi merupakan salah satu bagian yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi ialah menghubungkan antara tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi inilah dimiliki dalam tubuh manusia dan hewan.

Kegunaan sendi adalah memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berguna untuk sumbu anggota gerak. Ada juga tipe sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil mobilitas, walaupun sangat berperan dalam memberi kekuatan pada tubuh.

Total jumlah sendi pada tubuh manusia ialah sekitar 360 sendi.

Partikel Pembentuk Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Yaitu jaringan berbentuk pita yang tersususn atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi serta menjaga agar tidak terjadi perpindahan lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang membungkus sendi. Elemen pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menyambungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua puncak tulang. Fungsi tulang rawan hialin adalah untuk menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas di kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, contoh persendian dibagi jadi:



  • Sinartosis





Merupakan tipe sendi yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang di sendi Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Merupakan jenis sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, ke dua arah, ataupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah geraknya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa mengitari poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan mundur maju, walaupun tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Strukturnya



Berdasarkan bentuknya, Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya dapat dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikianlah penjelasan tentang Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi Pada Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment