Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya

Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya - Sendi yaitu contoh bagian yang vital dalam tubuh manusia.

Sendi yakni menghubungkan antara tulang sehingga bagian ini dapat bergerak. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi ini dimiliki dalam tubuh manusia dan hewan.

Fungsi sendi adalah memberi keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berfungsi untuk poros anggota gerak. Adapun tipe sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sejumput pergerakan, walaupun sangat bermanfaat dalam memberikan keseimbangan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia adalah berkisar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya



Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang berbentuk pita yang tertata atas serabut liat yang mengikat antar tulang di sendi serta menjaga supaya tidak terjadi perpindahan lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang melindungi sendi. Elemen di dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yaitu menghubungkan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang menutupi kedua pucuk tulang. Fungsi tulang rawan hialin adalah untuk menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti ciri pergerakannya, jenis persendi dipilah menjadi:



  • Sinartosis





Adalah tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang pada persendian Sendi Mati dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Yaitu jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan tipe sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya Berdasarkan Arah Geraknya



Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya menurut arah pergerakannya bisa dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Tipe sendi peluru yakni sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju dan mundur, kendati tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya mampu dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya disatukan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang mempunyai ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya ialah di lutut.

Demikianlah uraian tentang Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Serta Penjelasannya"

Post a Comment