Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya

Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya - Sendi yaitu contoh organ yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi merupakan penghubung antar tulang sehingga bagian ini bisa digerakkan. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Manfaat sendi yakni memberi keluwesan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga bermanfaat untuk sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan sedikit mobilitas, walaupun sangat berfungsi dalam memberikan keseimbangan dalam tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi di tubuh manusia yakni kurang lebih 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya



Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Adalah jaringan seperti pita yang tersusun oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang dalam sendi serta menjaga biar tidak terjadi perpindahan lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lembaran berserabut yang melapisi sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menyambungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua ujung tulang. Peranan tulang rawan hialin yaitu agar menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, tipe persendian dibagi jadi:



  • Sinartosis





Merupakan macam persendian yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang pada persendian Sendi Mati dipersatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya kecilnya pergerakan. Tipe sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Adalah macam sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke 2 arah, maupun ke segala arah. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru adalah sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi pada tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat memutari sumbu. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju dan mundur, akan tetapi tidak memutari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya Menurut Strukturnya



Menurut polanya, Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dihubungkan oleh kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi menjadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni dalam lutut.

Demikianlah paparan tentang Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Beserta Gambarnya"

Post a Comment