Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi yaitu satu dari sekian organ yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yakni pemersatu antar tulang sehingga bagian ini dapat bergerak. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi tersebut terdapat dalam tubuh manusia dan hewan.

Peranan sendi adalah memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berperan sebagai poros anggota gerak. Adapula tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan sekelumit mobilitas, namun sangat berfungsi dalam memberi kekuatan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia adalah sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi dan menjaga biar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu tumpukan berserabut yang membungkus sendi. Sisi dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yaitu menghubungkan dua tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua pucuk tulang. Peran tulang rawan hialin ialah demi menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, contoh persendian dibedakan jadi:



  • Sinartosis





Adalah tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang di sendi Sinartosis dipersatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Merupakan contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah macam sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (ke segala arah).

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah pergerakannya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi pada tulang lain. Tipe sendi putar adalah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yaitu tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju dan mundur, akan tetapi tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Strukturnya



Berdasarkan bentuknya, Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago serta disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi menjadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang terdapat ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya yakni dalam lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment