Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya

Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya - Sendi merupakan satu dari sekian organ yang sangat penting dalam tubuh.

Sendi merupakan menghubungkan antara tulang sehingga bagian ini bisa bergerak. Hubungan antar tulang ini diartikan dengan persendian atau artikulasi. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia dan hewan.

Peran sendi yakni memberikan keluwesan dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berguna untuk sumbu anggota gerak. Adapun macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sekelumit pergerakan, walaupun sangat berfungsi dalam memberikan kekuatan di tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi dalam tubuh manusia yakni lebih kurang 360 sendi.

Unsur Pembentuk Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya



Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya



Komponen pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan seperti pita yang tersususn oleh serabut liat yang lekat antar tulang dalam sendi serta menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Sisi pada kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyambungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua penghujung tulang. Peranan tulang rawan hialin yaitu demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, jenis persendian dibagi menjadi:



  • Sendi Mati





Merupakan tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, biasanya tulang di persendian Sinartosis (Sendi Mati) disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Merupakan jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke 2 arah, maupun ke segala arah. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya menurut arah pergerakannya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel adalah sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yakni sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat berputar pada poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju dan mundur, akan tetapi tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya Menurut Bentuknya



Menurut strukturnya, Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang ujung tulangnya dihubungkan dengan kartilago dan didukung oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi menjadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang semua persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikian ulasan tentang Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Sendi Dan Gambarnya"

Post a Comment