Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya - Sendi yaitu satu dari sekian bagian yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah penyatu antara tulang sehingga mereka dapat bergerak. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi tersebut dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Fungsi sendi adalah memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berfungsi untuk poros anggota gerak. Ada juga jenis sendi dalam tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, namun sangat berperan dalam memberikan kekuatan pada tubuh.

Total jumlah sendi di tubuh manusia yakni lebih kurang 360 sendi.

Komponen Pembentuk Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan seperti pita yang tersususn atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang dalam sendi dan menjaga agar tidak terjadi perubahan lokasi saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang melapisi sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyatukan 2 tulang pada sendi.



  • Kartilago Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang melapisi kedua ujung tulang. Peran tulang rawan hialin adalah demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu cairan pelumas di kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, contoh persendi dibagi menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu versi sendi yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Yaitu jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Yaitu jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke 2 arah, ataupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya menurut arah geraknya bisa dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel ialah sendi pada tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana antara lain sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Jenis sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta maju mundur, akan tetapi tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Strukturnya



Menurut bentuknya, Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Merupakan sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago dan disuport oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi dua, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang memiliki ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi beberapa gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikian uraian tentang Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment