Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya

Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya - Sendi menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam tubuh.

Sendi yaitu pemersatu antar tulang sehingga bagian ini bisa bergerak. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan persendian. Sendi inilah dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Peran sendi yaitu memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi bermanfaat untuk poros anggota gerak. Adapula macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, namun sangat bermanfaat dalam memberi kekuatan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi pada tubuh manusia ialah kurang lebih 360 sendi.

Unsur Pembentuk Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Merupakan jaringan berbentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi ketika sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang membungkus sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyambungkan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua pucuk tulang. Peranan tulang rawan hialin ialah demi menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, contoh persendi dibedakan menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah model persendian yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang pada persendian Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Merupakan jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Merupakan jenis persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan satu arah, dua arah, atau ke segala arah. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya berdasarkan arah geraknya bisa dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana antara lain sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Tipe sendi peluru ialah sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Jenis sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju atau mundur, kendati tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Polanya



Menurut bentuknya, Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya biasanya dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya disatukan oleh kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi jadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya yakni pada lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi Pada Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment