Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya

Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya - Sendi ialah satu dari sekian bagian yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yakni penghubung antar tulang sehingga bagian ini dapat digerakkan. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia serta hewan.

Guna sendi adalah memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berfungsi untuk poros anggota gerak. Ada juga jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan segelintir mobilitas, biarpun sangat berperan dalam memberikan keseimbangan pada tubuh.

Total jumlah sendi dalam tubuh manusia adalah kurang lebih 360 sendi.

Partikel Pembentuk Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Unsur pembentuk dan penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang mengikat antar tulang dalam sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melapisi sendi. Sisi dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yaitu menyatukan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua penghujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin ialah agar menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas di kapsula sendi.

Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, tipe sendi dibagi menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah versi sendi yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang di sendi Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Yaitu contoh sendi yang hanya memungkinkan terbentuk sedikit pergerakan. Tipe sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah tipe persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya menurut arah geraknya dapat dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yakni sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat memutari sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang dapat digerakkan ke samping serta maju dan mundur, walaupun tidak mengelilingi poros. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Polanya



Menurut strukturnya, Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya dapat dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya disatukan dengan kartilago dan didukung oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang memiliki ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu pada lutut.

Demikianlah penjabaran tentang Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi Pada Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment