Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi adalah contoh organ yang penting dalam tubuh manusia.

Sendi ialah pemersatu antara tulang sehingga bagian ini bisa bergerak. Hubungan antar tulang ini diartikan dengan persendian. Sendi inilah dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Kegunaan sendi adalah memberi kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berguna untuk sumbu anggota gerak. Ada juga macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, sekalipun sangat bermanfaat dalam memberi kestabilan dalam tubuh.

Semua jumlah sendi di tubuh manusia adalah kurang lebih 360 sendi.

Partikel Pembentuk Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Bagian pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang erat antar tulang pada sendi serta menjaga agar tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah lapisan berserabut yang melapisi sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yaitu menghubungkan dua tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua ujung tulang. Manfaat tulang rawan hialin adalah untuk menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, tipe persendi dibagi jadi:



  • Sinartosis





Yaitu macam sendi yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang di persendian Sinartosis (Sendi Mati) disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku atau Amfiartrosis





Adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Jenis sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah tipe persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, maupun ke segala arah. Contohnya diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah pergerakannya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel yaitu sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru yakni sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta dapat berputar pada poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta mundur maju, namun tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Polanya



Berdasarkan polanya, Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan oleh kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan jadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman juga gesekan antar tulang. Contohnya yaitu pada lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment