Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya - Sendi merupakan satu dari sekian bagian yang sangat vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi merupakan penyatu antar tulang sehingga mereka bisa digerakkan. Hubungan antar tulang tersebut biasa disebut dengan persendian. Sendi ini dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Guna sendi yaitu memberi fleksibilitas dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi berguna sebagai sumbu anggota gerak. Adapula macam sendi di tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, sekalipun sangat berperan dalam memberi keseimbangan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia adalah kurang lebih 360 sendi.

Komponen Pembentuk Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Komponen pembentuk dan penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang pada sendi serta menjaga supaya tidak terjadi pergeseran lokasi ketika sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lapisan berserabut yang melapisi sendi. Komponen di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menyatukan 2 tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Peran tulang rawan hialin adalah suapaya menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya Menurut Karakter Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, contoh sendi dibedakan menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu model persendian yang tidak bisa digerakkan, rata-rata tulang pada sendi Sinartosis dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Merupakan tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah jenis persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, dua arah, maupun ke segala arah. Contohnya sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), serta sendi bahu (ke segala arah).

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Arah Geraknya



Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya berdasarkan arah pergerakannya bisa dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana antara lain sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Jenis sendi peluru ialah sendi pada tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi pada tulang lain. Jenis sendi putar yaitu sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Merupakan jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat mengelilingi sumbu. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta mundur maju, kendati tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan dengan kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan juga gesekan antar tulang. Contohnya yakni di lutut.

Demikian uraian tentang Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi Pada Manusia dan Letaknya"

Post a Comment