Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya

Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya - Sendi ialah contoh organ yang sangat penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi adalah penghubung antara tulang sehingga bagian ini dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang ini diartikan dengan persendian. Sendi inilah terdapat di tubuh manusia serta hewan.

Peran sendi yaitu memberi elastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berfungsi untuk poros anggota gerak. Adapun jenis sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sekelumit pergerakan, sekalipun sangat berperan dalam memberikan keseimbangan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Merupakan jaringan berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang erat antar tulang dalam sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi ketika sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Bagian dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menghubungkan 2 tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin yaitu suapaya menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu cairan pelumas di kapsula sendi.

Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Menurut sifat pergerakannya, contoh sendi dipilah jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Merupakan macam persendian yang tidak bisa digerakkan, umumnya tulang pada persendian Sendi Mati dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Yaitu tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Yaitu jenis sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke 2 arah, maupun ke segala penjuru. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah pergerakannya bisa dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi di tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru yaitu sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Tipe sendi putar yaitu sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Merupakan jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini mengombinasikan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa memutari poros. Contoh sendi gulung yaitu tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke samping serta mundur maju, tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada dalam telapak tangan.

Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Strukturnya



Menurut strukturnya, Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya biasanya dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tak mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya disatukan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi menjadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya yaitu pada lutut.

Demikian penjabaran tentang Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi Pada Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment