Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi menjadi contoh bagian yang penting dalam tubuh.

Sendi yakni pemersatu antara tulang sehingga tulang dapat bergerak. Hubungan antar tulang ini biasa disebut dengan artikulasi atau persendian. Sendi inilah terdapat dalam tubuh manusia dan hewan.

Peran sendi yakni memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berfungsi sebagai poros anggota gerak. Adapun tipe sendi dalam tubuh yang hanya memberikan segelintir mobilitas, walaupun sangat berfungsi dalam memberikan kestabilan dalam tubuh.

Kesemua jumlah sendi pada tubuh manusia yaitu lebih kurang 360 sendi.

Bagian Pembentuk Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya



Bagian pembentuk atau penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Adalah jaringan seperti pita yang tersusun oleh serabut liat yang lekat antar tulang di sendi dan menjaga supaya tidak terjadi perpindahan lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu lembaran berserabut yang membungkus sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyambungkan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Merupakan jaringan tulang rawan yang menutupi kedua pucuk tulang. Fungsi tulang rawan hialin yakni suapaya menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, contoh persendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu tipe sendi yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang di sendi Sendi Mati dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Yaitu contoh persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku adalah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Merupakan macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, atau ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana antara lain sendi pada ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Jenis sendi peluru ialah sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Merupakan jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sekelumit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur antara lain pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa mengitari poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta mundur maju, namun tidak memutari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada di telapak tangan.

Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan oleh kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang seluruh persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang mempunyai ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga benturan juga gesekan antar tulang. Contohnya adalah dalam lutut.

Demikian pemaparan tentang Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya, moga-moga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi di Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment