Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya

Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya - Sendi ialah satu dari sekian bagian yang penting dalam tubuh.

Sendi merupakan menghubungkan antara tulang sehingga bagian ini dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini disebut dengan persendian. Sendi itu dimiliki di tubuh manusia juga hewan.

Peranan sendi adalah memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, serta sendi berfungsi untuk sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi dalam tubuh yang hanya memberikan segelintir pergerakan, sekalipun sangat berfungsi dalam memberi kekuatan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia ialah lebih kurang 360 sendi.

Bagian Pembentuk Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya



Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang memiliki bentuk pita yang tersusun atas serabut liat yang erat antar tulang pada sendi dan menjaga supaya tidak terjadi perpindahan lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lembaran berserabut yang melindungi sendi. Komponen dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyambungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua ujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin yaitu agar menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya Menurut Sifat Pergerakannya



Berdasarkan ciri pergerakannya, jenis persendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah model persendian yang tidak dapat digerakkan, lazimnya tulang di sendi Sinartosis disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Merupakan contoh sendi yang hanya memungkinkan terbentuk kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis atau Sendi Gerak





Yaitu macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke 2 arah, maupun ke segala arah. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya berdasarkan arah geraknya bisa dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Jenis sendi peluru adalah sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yakni sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser yaitu persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa memutari poros. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Adalah sendi yang dapat digerakkan ke samping dan maju mundur, tetapi tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya Berdasarkan Polanya



Berdasarkan polanya, Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya biasanya dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya dikaitkan dengan kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi tersebut dikelompokkan jadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang kesemua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya adalah di lutut.

Demikianlah pemaparan tentang Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi dan Fungsinya"

Post a Comment