Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi menjadi salah satu organ yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi yaitu penyatu antara tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi ini terdapat dalam tubuh manusia serta hewan.

Kegunaan sendi yaitu memberi kelenturan dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi berguna sebagai poros anggota gerak. Ada juga tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan segelintir mobilitas, sekalipun sangat berperan dalam memberikan kestabilan pada tubuh.

Total jumlah sendi pada tubuh manusia yakni sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Bagian pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Adalah jaringan berbentuk pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi serta menjaga supaya tidak terjadi perpindahan lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lembaran berserabut yang melapisi sendi. Bagian dalam kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menyambungkan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Manfaat tulang rawan hialin adalah suapaya menjaga dari benturan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Karakter Pergerakannya



Berdasarkan ciri pergerakannya, tipe sendi dipilah jadi:



  • Sinartosis





Merupakan jenis persendian yang tidak bisa digerakkan, kebanyakan tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) dipersatukan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Adalah tipe persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke dua arah, atau ke segala penjuru. Contohnya sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), juga sendi bahu (banyak arah).

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Arah Geraknya



Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah pergerakannya bisa dikelompokan menjadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru yakni sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berotasi pada tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Yaitu jenis sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung antar lain tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju dan mundur, akan tetapi tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Strukturnya



Berdasarkan bentuknya, Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya dapat dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang ujung tulangnya disatukan oleh kartilago dan didukung oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi menjadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikianlah penjelasan tentang Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment