Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya - Sendi menjadi contoh bagian yang penting dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yaitu penghubung antara tulang sehingga tulang bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini dinamakan dengan artikulasi atau persendian. Sendi inilah ada di tubuh manusia serta hewan.

Manfaat sendi yaitu memberi kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi berfungsi sebagai sumbu anggota gerak. Adapula macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan minim pergerakan, namun sangat bermanfaat dalam memberi kekuatan pada tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi dalam tubuh manusia adalah lebih kurang 360 sendi.

Komponen Pembentuk Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya



Bagian pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan seperti pita yang tertata atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi dan menjaga biar tidak terjadi perubahan lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Bagian di dalam kapsula sendi ini berongga. Fungsi kapsula sendi yakni menyambungkan dua tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua pucuk tulang. Fungsi tulang rawan hialin yaitu agar menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas dalam kapsula sendi.

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Karakter Pergerakannya



Berdasarkan sifat pergerakannya, contoh persendi dibedakan menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Merupakan versi sendi yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Merupakan tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Jenis sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak atau Diartosis





Adalah macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan 1 arah, ke 2 arah, atau ke segala arah. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya menurut arah geraknya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Jenis sendi engsel ialah sendi di tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana antara lain sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru yaitu sendi dalam tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Contoh sendi putar ialah sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah macam sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan bisa berputar pada poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta mundur maju, walaupun tidak berputar pada sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Strukturnya



Menurut polanya, Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi ini dibagi jadi dua, yaitu :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua sendinya diliputi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya mempunyai hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang memiliki ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya ialah dalam lutut.

Demikian ulasan tentang Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi di Tubuh Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment