Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi adalah contoh bagian yang sangat vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi yaitu pemersatu antara tulang sehingga tulang dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang tersebut dinamakan dengan persendian atau artikulasi. Sendi tersebut terdapat dalam tubuh manusia juga hewan.

Fungsi sendi yaitu memberi plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berperan sebagai poros anggota gerak. Ada juga macam sendi pada tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, namun sangat berperan dalam memberi kestabilan pada tubuh.

Kesemua jumlah sendi pada tubuh manusia adalah lebih kurang 360 sendi.

Unsur Pembentuk Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan berbentuk pita yang tertata oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang dalam sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi dan tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah barisan berserabut yang melindungi sendi. Elemen pada kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yakni menyatukan 2 tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Merupakan jaringan tulang rawan yang melapisi kedua puncak tulang. Peranan tulang rawan hialin yakni suapaya menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, tipe persendi dibedakan jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Merupakan jenis sendi yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang pada sendi Sinartosis (Sendi Mati) disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Yaitu jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Merupakan macam persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan 1 arah, dua arah, atau ke segala penjuru. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (dua arah), serta sendi bahu (ke segala arah).

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya menurut arah geraknya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel adalah sendi pada tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Tipe sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru adalah sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Tipe sendi putar adalah sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Adalah macam sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menyambungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa memutari poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke samping dan mundur maju, namun tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Bentuknya



Berdasarkan strukturnya, Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya mampu dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Adalah sendi yang tak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Sehingga banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan oleh kartilago dan didorong oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang seluruh persendiannya diliputi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang punya ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya ialah pada lutut.

Demikian penjelasan tentang Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment