Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya - Sendi ialah contoh bagian yang vital dalam tubuh.

Sendi merupakan penghubung antara tulang sehingga bagian ini dapat mobilisasi. Hubungan antar tulang ini disebut dengan persendian. Sendi inilah ada dalam tubuh manusia dan hewan.

Kegunaan sendi adalah memberi elastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, serta sendi bermanfaat sebagai sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan minim mobilitas, walaupun sangat bermanfaat dalam memberi kekuatan di tubuh.

Keseluruhan jumlah sendi pada tubuh manusia yaitu lebih kurang 360 sendi.

Partikel Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya



Bagian pembentuk atau penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersusun oleh serabut liat yang lekat antar tulang di sendi serta menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan lembaran berserabut yang melindungi sendi. Bagian di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyambungkan dua tulang dalam sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Manfaat tulang rawan hialin yaitu demi menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah cairan pelumas di kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Sifat Pergerakannya



Berdasarkan sifat pergerakannya, jenis sendi dipilah menjadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Adalah versi sendi yang tidak dapat digerakkan, kebanyakan tulang di persendian Sinartosis dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis atau Sendi Kaku





Yaitu jenis persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku ialah sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Merupakan jenis sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke dua arah, atau ke segala arah. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya berdasarkan arah pergerakannya dapat dibagi jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, umumnya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana diantaranya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Contoh sendi peluru adalah sendi di tulang paha dan bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lainnya. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu tipe sendi yang mana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Adalah sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat mengelilingi poros. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke samping serta mundur maju, walaupun tidak mengelilingi sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat pada telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya Berdasarkan Bentuknya



Menurut strukturnya, Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya bisa dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak dijumpai tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan oleh kartilago serta didorong oleh ligamen. Sendi ini dibagi menjadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago juga selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya pada bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang mempunyai ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dikelilingi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan dan gesekan antar tulang. Contohnya adalah pada lutut.

Demikianlah penjabaran tentang Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Pada Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment