Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi yaitu satu dari sekian bagian yang sangat vital dalam tubuh.

Sendi merupakan pemersatu antara tulang sehingga mereka bisa bergerak. Hubungan antar tulang tersebut biasa diartikan dengan persendian. Sendi inilah dimiliki di tubuh manusia dan hewan.

Guna sendi yakni memberikan fleksibilitas dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga bermanfaat untuk poros anggota gerak. Adapula jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan sejumput mobilitas, walaupun sangat berperan dalam memberikan kestabilan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia yaitu sekitar 360 sendi.

Komponen Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Bagian pembentuk dan penunjang sendi adalah:



  • Ligamen





Merupakan jaringan seperti pita yang tersususn oleh serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang dalam sendi serta menjaga agar tidak terjadi perpindahan lokasi saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan tumpukan berserabut yang melindungi sendi. Sisi di dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi yakni menyambungkan 2 tulang dalam sendi.



  • Kartilago Hialin





Adalah jaringan tulang rawan yang melapisi kedua pucuk tulang. Fungsi tulang rawan hialin yaitu agar menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas di kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Karakter Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, contoh persendian dipilah menjadi:



  • Sendi Mati





Merupakan jenis sendi yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang di sendi Sinartosis (Sendi Mati) dikaitkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Model sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Adalah tipe sendi yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Tipe sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Yaitu tipe sendi yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, dua arah, ataupun ke segala arah. Contoh diartosis diantaranya sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), atau sendi bahu (banyak arah).

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Arah Pergerakannya



Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah geraknya bisa dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi dalam tulang lutut serta siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Contoh sendi peluru adalah sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang mengelilingi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar yakni sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang lain. Contoh sendi geser ialah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Adalah jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yaitu pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa mengelilingi poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi serta maju mundur, tetapi tidak mengelilingi poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Strukturnya



Berdasarkan strukturnya, Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya dapat dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang ujung tulangnya disatukan dengan kartilago serta disokong oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi menjadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago serta selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Adalah sendi yang memiliki ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikianlah penjelasan tentang Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment