Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya - Sendi merupakan salah satu organ yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi ialah penyatu antar tulang sehingga bagian ini dapat bergerak. Hubungan antar tulang tersebut diartikan dengan artikulasi atau persendian. Sendi inilah dimiliki di tubuh manusia serta hewan.

Guna sendi yakni memberi plastisitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi berfungsi sebagai sumbu anggota gerak. Ada juga jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan secuil pergerakan, walaupun sangat bermanfaat dalam memberi kekuatan dalam tubuh.

Total jumlah sendi dalam tubuh manusia ialah berkisar 360 sendi.

Unsur Pembentuk Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya



Partikel pembentuk atau penunjang sendi yaitu:



  • Ligamen





Merupakan jaringan seperti pita yang tersususn atas serabut liat yang menjadi satu (mengikat) antar tulang di sendi dan menjaga supaya tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Adalah tumpukan berserabut yang melapisi sendi. Komponen pada kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi yaitu menyambungkan 2 tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua penghujung tulang. Peran tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan larutan pelumas di kapsula sendi.

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Mengikuti karakter pergerakannya, contoh persendi dibagi jadi:



  • Sinartosis (Sendi Mati)





Yaitu model persendian yang tidak bisa digerakkan, lazimnya tulang pada persendian Sinartosis disatukan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Merupakan contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecil pergerakan. Tipe sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Sendi Gerak





Yaitu macam persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke dua arah, ataupun ke segala penjuru. Contoh diartosis antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah), dan sendi bahu (banyak arah).

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya berdasarkan arah pergerakannya bisa dibagi antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya 1 arah pergerakan, lazimnya sendi engsel hanya mampu ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke banyak arah. Jenis sendi peluru yakni sendi di tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berputar pada tulang lain. Contoh sendi putar yaitu sendi pada tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur (Arthrodial)





Yaitu tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan dan dapat memutari sumbu. Contoh sendi gulung yaitu tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju dan mundur, akan tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat dalam telapak tangan.

Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya Menurut Polanya



Menurut strukturnya, Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya biasanya dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Merupakan sendi yang tak punya tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan dengan kartilago dan disokong oleh ligamen. Sendi tersebut dibagi jadi 2, adalah :

1) Sinkondrosis, merupakan sendi yang kesemua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya yaitu Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya memiliki hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang menyelimuti permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang mempunyai ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi berbagai gerakan, ujung tulangnya dilapisi tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga hantaman serta gesekan antar tulang. Contohnya yaitu di lutut.

Demikian penjelasan tentang Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya, moga-moga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh-Contoh Sendi Pada Tubuh Manusia dan Gambarnya"

Post a Comment