Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya

Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya - Sendi menjadi salah satu bagian yang vital dalam tubuh setiap manusia.

Sendi merupakan pemersatu antara tulang sehingga mereka bisa mobilisasi. Hubungan antar tulang ini biasa diartikan dengan persendian. Sendi ini dimiliki dalam tubuh manusia serta hewan.

Peran sendi yaitu memberi fleksibilitas dan juga pergerakan di tempatnya, dan sendi bermanfaat sebagai poros anggota gerak. Ada juga macam sendi dalam tubuh yang hanya memberikan sekelumit mobilitas, walaupun sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan di tubuh.

Total jumlah sendi pada tubuh manusia ialah kurang lebih 360 sendi.

Unsur Pembentuk Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya



Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya



Unsur pembentuk atau penunjang sendi antara lain:



  • Ligamen





Adalah jaringan seperti pita yang tertata atas serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergeseran lokasi ketika sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Merupakan barisan berserabut yang membungkus sendi. Sisi di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Tulang Rawan Hialin





Merupakan jaringan tulang rawan yang membungkus kedua ujung tulang. Peranan tulang rawan hialin adalah agar menjaga dari tumbukan.



  • Cairan Sinovial





Merupakan cairan pelumas di kapsula sendi.

Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya Menurut Sifat Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, jenis persendian dibagi menjadi:



  • Sendi Mati





Adalah macam persendian yang tidak dapat digerakkan, umumnya tulang pada sendi Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Tipe sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis (Sendi Kaku)





Merupakan contoh sendi yang hanya memungkinkan terjadinya kecil pergerakan. Contoh sendi kaku yaitu sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Merupakan jenis persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan satu arah, ke 2 arah, atau ke segala arah. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), atau sendi bahu (ke segala arah).

Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Arah Geraknya



Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya menurut arah pergerakannya bisa dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, kebanyakan sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel ialah sendi di tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Contoh sendi pelana antara lain sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke berbagai arah. Tipe sendi peluru ialah sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Tipe sendi putar yaitu sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Adalah sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Yaitu jenis sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sejumput melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Yaitu sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga bisa berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung ialah tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Merupakan sendi yang dapat digerakkan ke bagian sisi dan maju dan mundur, namun tidak mengitari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini ada pada telapak tangan.

Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya Berdasarkan Polanya



Berdasarkan bentuknya, Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya biasanya dibedakan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tanpa mempunyai tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya disatukan dengan jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Yaitu sendi yang pangkal tulangnya dihubungkan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi Kartilago dikelompokkan jadi dua, adalah :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, adalah sendi yang tulangnya ada hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya dalam bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Yaitu sendi yang terdapat ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi banyak gerakan, ujung tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis untuk menjaga hantaman juga gesekan antar tulang. Contohnya adalah di lutut.

Demikianlah ulasan tentang Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Sendi Dan Gambarnya"

Post a Comment