Contoh Sendi Serta Penjelasannya

Contoh Sendi Serta Penjelasannya - Sendi merupakan satu dari sekian bagian yang penting dalam tubuh.

Sendi yaitu penyatu antar tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini disebut dengan persendian. Sendi ini ada di tubuh manusia dan hewan.

Guna sendi yaitu memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada tempatnya, sendi juga berperan sebagai sumbu anggota gerak. Adapun jenis sendi pada tubuh yang hanya memberikan segelintir mobilitas, biarpun sangat berfungsi dalam memberikan kestabilan di tubuh.

Kesemua jumlah sendi di tubuh manusia adalah berkisar 360 sendi.

Partikel Pembentuk Contoh Sendi Serta Penjelasannya



Contoh Sendi Serta Penjelasannya



Komponen pembentuk atau penunjang sendi ialah:



  • Ligamen





Yaitu jaringan yang berbentuk pita yang tertata atas serabut liat yang lekat antar tulang di sendi dan menjaga agar tidak terjadi pergantian lokasi saat sendi serta tulang saat bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang membungkus sendi. Komponen di kapsula sendi ini berongga. Peran kapsula sendi adalah menghubungkan dua tulang di sendi.



  • Kartilago Hialin





Yaitu jaringan tulang rawan yang membungkus kedua pucuk tulang. Peran tulang rawan hialin adalah demi menjaga dari tubrukan.



  • Cairan Sinovial





Adalah larutan pelumas pada kapsula sendi.

Contoh Sendi Serta Penjelasannya Menurut Karakter Pergerakannya



Menurut karakter pergerakannya, jenis sendi dipilah menjadi:



  • Sendi Mati





Yaitu jenis persendian yang tidak dapat digerakkan, biasanya tulang dalam persendian Sinartosis (Sendi Mati) dihubungkan dengan serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Jenis sendi mati diantaranya sendi antar tulang tengkorak.



  • Amfiartrosis





Yaitu jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Jenis sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis (Sendi Gerak)





Adalah jenis persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), juga sendi bahu (ke segala arah).

Contoh Sendi Serta Penjelasannya Menurut Arah Geraknya



Contoh Sendi Serta Penjelasannya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan antara lain;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya 1 arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Tipe sendi engsel yaitu sendi dalam tulang lutut juga siku.



  • Sendi Pelana





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana antara lain sendi di ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Tipe sendi peluru ialah sendi pada tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan hanya salah satu tulang yang berotasi terhadap tulang lain. Jenis sendi putar adalah sendi dalam tulang atlas.



  • Sendi Geser





Merupakan sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lain. Contoh sendi geser yakni persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Arthrodial





Adalah tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menghubungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur yakni pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan juga dapat mengitari poros. Contoh sendi gulung yakni tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke samping serta mundur maju, tetapi tidak memutari sumbu. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Contoh Sendi Serta Penjelasannya Berdasarkan Strukturnya



Berdasarkan polanya, Contoh Sendi Serta Penjelasannya bisa dikelompokkan menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dikaitkan oleh jaringan ikat fibrosa. Sampai banyak dijumpai tak bisa digerakkan. Contohnya di sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya disatukan oleh kartilago serta didukung oleh ligamen. Sendi ini dikelompokkan jadi 2, yakni :

1) Sinkondrosis, adalah sendi yang semua sendinya dikelilingi tulang rawan. Contohnya adalah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, merupakan sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang membungkus permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang mempunyai ruang antar sendi akibatnya memungkinkan terjadi berbagai gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga benturan juga gesekan antar tulang. Contohnya yaitu dalam lutut.

Demikian ulasan tentang Contoh Sendi Serta Penjelasannya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Sendi Serta Penjelasannya"

Post a Comment