Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya

Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya - Sendi menjadi salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Sendi adalah menghubungkan antara tulang sehingga mereka bisa digerakkan. Hubungan antar tulang tersebut diartikan dengan artikulasi atau persendian. Sendi inilah ada di tubuh manusia serta hewan.

Guna sendi yakni memberikan elastisitas dan juga pergerakan pada tempatnya, dan sendi berperan sebagai sumbu anggota gerak. Ada juga tipe sendi di tubuh yang hanya memberikan sedikit pergerakan, namun sangat berfungsi dalam memberikan kekuatan pada tubuh.

Semua jumlah sendi dalam tubuh manusia yaitu kurang lebih 360 sendi.

Komponen Pembentuk Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya



Partikel pembentuk dan penunjang sendi yakni:



  • Ligamen





Merupakan jaringan yang berbentuk pita yang tersususn atas serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi dan menjaga biar tidak terjadi pergantian lokasi pada saat sendi dan tulang ketika bergerak.



  • Kapsula Sendi





Yaitu barisan berserabut yang melapisi sendi. Sisi di dalam kapsula sendi ini berongga. Manfaat kapsula sendi adalah menyambungkan 2 tulang pada sendi.



  • Tulang Rawan Hialin (Kartilago Hialin)





Adalah jaringan tulang rawan yang membungkus kedua penghujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin adalah demi menjaga dari hantaman.



  • Cairan Sinovial





Yaitu larutan pelumas pada kapsula sendi.

Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Karakter Pergerakannya



Menurut ciri pergerakannya, contoh sendi dibagi menjadi:



  • Sendi Mati





Adalah model sendi yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang pada sendi Sendi Mati dikaitkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati antara lain sendi antar tulang tengkorak.



  • Sendi Kaku





Yaitu tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadi kecilnya pergerakan. Contoh sendi kaku yakni sendi antar tulang rusuk.



  • Diartosis





Merupakan tipe persendian yang memungkinkan terbentuknya gerakan ke satu arah, ke dua arah, maupun ke segala penjuru. Contohnya diartosis diantaranya sendi pada lutut (1 arah), ruas telapak tangan (2 arah), dan sendi bahu (ke segala arah).

Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Arah Pergerakannya



Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya menurut arah pergerakannya dapat dikelompokan jadi;



  • Sendi Engsel





Yaitu sendi yang memungkinkan terbentuknya satu arah pergerakan, biasanya sendi engsel hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh sendi engsel adalah sendi dalam tulang lutut dan siku.



  • Sendi Pelana





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya 2 arah gerakan. Jenis sendi pelana contohnya sendi dalam ruas telapak tangan.



  • Sendi Peluru





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Contoh sendi peluru yakni sendi dalam tulang paha serta bahu.



  • Sendi Putar





Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Jenis sendi putar yaitu sendi di tulang atlas.



  • Sendi Geser





Yaitu sendi yang memungkinkan gerakan tulang yang satu bergeser di tulang lainnya. Contoh sendi geser adalah persendian antar tulang karpal.



  • Sendi Luncur





Yaitu tipe sendi dimana permukaan tulang sendi yang terlibat datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi ini menggabungkan permukaan datar tulang. Contoh sendi luncur diantaranya pergelangan tangan.



  • Sendi Gulung





Merupakan sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan serta bisa berputar pada sumbu. Contoh sendi gulung diantaranya tulang pengumpul dengan hasta.



  • Sendi Kondiloid





Yaitu sendi yang bisa digerakkan ke bagian sisi serta maju dan mundur, akan tetapi tidak berputar pada poros. Contoh sendi kondiloid ini terdapat di telapak tangan.

Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya Berdasarkan Polanya



Menurut strukturnya, Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya dapat dibagi menjadi;



  • Sendi Fibrosa





Yaitu sendi yang tidak memiliki tulang rawan, satu tulang dengan tulang lainnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Hingga banyak ditemui tidak bisa digerakkan. Contohnya pada sutura tulang tengkorak.



  • Sendi Kartilaginosa





Adalah sendi yang pangkal tulangnya dikaitkan oleh kartilago dan didukung oleh ligamen. Sendi Kartilago dibagi jadi 2, yaitu :

1) Sinkondrosis, yaitu sendi yang semua persendiannya dikelilingi tulang rawan. Contohnya ialah Sendi Kostokondral.

2) Simfisis, yaitu sendi yang tulangnya terdapat hubungan fibrokartilago dengan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi. Contohnya di bagian simfisis pubis.



  • Sendi Sinovial





Merupakan sendi yang punya ruang antar sendi alhasil memungkinkan terjadi beberapa gerakan, pangkal tulangnya dibungkus tulang rawah hilain yang tipis guna menjaga tubrukan juga gesekan antar tulang. Contohnya ialah di lutut.

Demikianlah uraian tentang Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe Sendi Pada Manusia dan Letaknya"

Post a Comment